sistem rem tromol sepeda motor
Sistem
rem digunakan untuk memperlambat ataupun menghentikan sepeda motor. Selain itu
sistem
rem juga berfungsi sebagai alat pengaman dan menjamin pengendaraan yang aman.
Prinsip
rem adalah merubah energi gerak menjadi energi panas. Umumnya,rem bekerja
disebabkan
oleh adanya sistem gabungan penekanan melawan sistem gerak putar. Efek
pengereman
(braking effect) diperoleh dari adanya gesekan yang ditimbulkan antara dua
objek /
benda.
Pada
sepeda motor sistem rem yang digunakan adalah rem tromol atau rem cakram. Untuk
pengoperasian
rem tromol biasanya menggunakan cara pengoperasian mekanikal atu
menggunakan
tuas. Sedangkan rem cakram ada yang menggunakan mekanik dan ada yang
menggunakan
model hidrolis.
- Rem
tromol
Rem
tromol pada sepeda motor komponen utamanya adalah menggunakan tromol atau drum
yang di
tekan oleh kanvas.
Komponen pada rem tromol :
- kanvas rem
- anchor pen
- cam
- per pembalik
- tromol/ drum
cara kerja rem tromol pada
sepeda motor :
1.
sebelum rem bekerja.
Pada saat
tuas rem belum di tarik / di injak maka rem belum bekerja. Di antara tromol dan
kanvas
rem masih ada celah dan tidak bersinggungan. Per pengembali kanvas masih belum
meregang.
2.
setengah pengereman
Apabila
tuas rem ditarik setengah maka akan mulai terjadi pergerakan pada komponen rem.
Cam akn
bergerak memutar dan kanvas akan bergerak keluar sehingga akan mulai
bergesekan
dengan drum/ tromol. Terjadilah gesekan
kecil dan rem bekerja sedikit.
3. rem
bekerja penuh
Pada saat
rem tuas rem di tarik penuh maka akan terjadi gesekan yang kuat antara tromol
dan
kanvas
rem. Cam memutar maksimal dan penekanan pada kanvas rem dengan tromol kuat
sehingga
dengan adanya gaya gesekan yang kuat akan mampu menghentikan putaran tromol.
Per
pengembali juga meregang maksimal.
4.
Pelepasan rem
Saat
pelepasan rem adalah dimana tuas dilepas dan kembali pada posisi semula. Per
pengembali
kanvas bekerja untuk mengembalikan kedudukan kanvas seperti pada saat belum
bekerja.
Gesekan antara kanvas dan tromol tidak ada.
sumber : http://dokumen.tips/documents/sistem-rem-tromol-sepeda-motor.html
No comments:
Post a Comment